BABYLUBATIK

Manfaat Mewarnai bagi si Kecil

babyLubatik_dobycollar6

Kalau nggak kotor, nggak belajar !

babyLubatik_dobycollar3

Pernah mendengar quote di suatu iklan seperti itu kan ? Yes, ketika anak-anak mau belajar sesuatu yang baru, kemungkinan ada hal yang kurang bersih terjadi. Saat balita anda belajar makan sendiri, mandi sendiri, bahkan sampai ketika anak-anak sedang belajar mewarnai, bukan saja media mewarnainya yang penuh warna, tetapi bisa jadi tangan & bajunya juga ikut blepotan dengan crayonnya, atau cat airnya. Hehehee…terkadang sebagai Ibu, kita suka cerewet juga kan Mom ? Hayoo…honestly Mom ? 😉 Padahal jika di flashback lagi, saat anda mengijinkan mereka belajar mewarnai, konsekuensinya yaa pasti crayon / cat airnya bisa mengotori tangan atau baju si anak. Sama halnya saat anda mengajak anak-anak ke pantai, dan anda mengatakan “Nak, jangan main pasir yaa, nanti kotor !” Nah looh…kalau nggak mau kotor, kenapa anda ajak ke pantai yang banyak pasirnya ? :) Terkadang, kita sebagai Ibu, karena ingin terlalu sempurna sehingga kita banyak melewatkan hal-hal yang meningkatkan kreatifitas anak-anak jadi terhenti.

babyLubatik_dobycollar9

Padahal kreatifitas itu sangat penting bagi tumbuh kembang anak-anak, melatih otak kanan mereka untuk berkreatifitas, hal yang perlu dirangsang dalam kreatifitas adalah motorik halus. Karena jika anak-anak kurang dirangsang kreatifitasnya biasanya mereka sukar bereksplorasi. babyLubatik_dobycollar1 Oh ya Mom, perlu kita tahu juga sebagai orang tua, manfaat kreatifitas pada anak usia dini itu adalah :

  1. Dengan kreatifitas, orang dapat mewujudkan dirinya. Menurut Maslow (Munandar, 1999) kreatifitas merupakan manifestasi dari seseorang yang berfungsi sepenugnya dalam perwujudan dirinya.
  2. Kreatifitas sebagai kemampuan untuk melihat kemungkinan-kemungkinan, untuk menyelesaikan suatu masalah. Sikap kreatif dari individu itu sendiri perlu dipupuk untuk melatih anak berfikir luwes (flexibility), lancar (fluency), asli (originality), menguraikan (elaboration) yang dirumuskan kembali (redefinition) yang merupakan ciri berfikir kreatif yang dikemukan oleh Guilford (Supriadi, 2001). 
  3. Bersibuk diri secara kreatif nggak hanya bermanfaat, tetapi juga memberikan kepuasaan individu.
  4. Kreatifitas memungkinakan manusia meningkatkan kualitas hidupnya.

Ihh, serius banget kan jadinya nih :) Tetapi bener juga loh Mom, kalau saja kita dari dini membiasakan anak-anak untuk berkreatifitas manfaatnya untuk mereka kelak. Karena makin kesini, kehidupan ini serba inovasi disegala sektor loh Mom :)

babyLubatik_dobycollar11

So, latih kreatifitas dari hal yang mendasar dulu deh, salah satunya mewarnai. Mewarnai adalah kegiatan kreatif yang paling disukai anak-anak. Tinggal sediakan medianya, nggak hanya mewarnai dengan kertas atau kanvas, banyak media yang inovatif, seperti bantal lukis, payung, jam, tas, celengan, gantungan kunci dan lainnya. Selain crayon, spidol warna, anak-anak bisa menggunakan cat air, tentu saja cari yang aman untuk anak-anak, bisa dicari di Anak Kreatif Art Studio .

Nah, ternyata manfaat mewarnai itu sendiri bagi anak-anak, cukup besar sekali efeknya untuk tumbuh kembangnya, yaitu :

1. Membantu mengenal perbedaan warna

babyLubatik_dobycollar7Membiasakan anak-anak melakukan aktifiras mewarnai dapat membantu mereka mengenal warna, sehingga mereka dapat membedakan antara warna yang satu dengan warna yang lainnya. Hal ini dapat mempermudah mereka juga dalam mencampur & memadukan warna.

2. Warna merupakan media terapi

babyLubatik_dobycollar6Setiap warna mempunyai energi, bahkan dapat digunakan untuk membaca emosi seseorang. Contohnya saat anak mewarnai matahari dengan warna -warna gelap seperti hitam atau abu-abu bisa jadi menandakan kemarahan mereka saat itu (berlaku untuk anak yang sudah mengenal warna ya Mom…). Selain itu, warna juga dapat mengekspresikan sifat dasar seseorang. Contohnya lagi, jika si kecil mewarnai dengan cara menorehkan garis-garis teratur pada gambar menunjukan si kecil memiliki kecenderungan mempunyai gaya hidup teratur. Terlepas dari itu semua, warna menjadi alat terapi untuk meringankan stres pada si kecil setelah lelah beraktifitas seharian.

3. Mengembangkan kemampuan motorik

babyLubatik_dobycollar13Aktifitas mewarnai dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak, seperti dengan menggenggam crayon, spidol warna atau kuas lukis akan membantunya untuk terlatih kelak untuk mengangkat benda, menggunting, menulis, mengetik, dan aktifitas lainnya dimana membutuhkan kinerja otot lengan dan tangan.

4. Mewarnai meningkatkan konsentrasi

babyLubatik_dobycollar12Dengan mewarnai, anak-anak terlatih untuk fokus dengan apa yang ada didepan mereka, serta melatih kemampuan berkonsentrasi yang nanti saat anak-anak duduk dibangku sekolah, akan menemukan banyak kegiatan yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

5. Melatih koordinasi mata dan tangan

babyLubatik_dobycollar4Selain meningkatkan konsentrasi , mewarnai juga melatih koordinasi mata dan tangan saat belajar mewarnai bidang tanpa keluar dari garis batas.

6. Melatih anak membuat target

babyLubatik_dobycollar8

Proses mewarnai membutuhkan satu target yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar yang tersedia. Disinilah akan terpupuk rasa tanggung jawab si kecil dengan pekerjaan yang diterimanya sekaligus memupuk rasa tanggung jawab si kecil bahwa ia dapat menyelesaikan tugas yang sedang diembannya. Sikap ini melatih si kecil untuk tidak mudah menyerah dengan tantangan yang akan dihadapinya.

Ternyata, hal yang simpel dengan mewarnai saja, efeknya dapat mempengaruhi tumbuh kembang pribadi anak untuk kedepannya. So, jangan terlalu banyak memberi aturan ya Mom, baik dalam pemilihan warna atau batasan garis, biarkan mereka bereksplorasi dengan warna-warna dan imajinasinya. Ayo jadikan anak-anak kita kreatif !

babyLubatik_dobycollar2
Wardrobe: Atasan – Doby Collar by. BabyLu Batik , sport pants by. NIKE Property : Bantal Lukis by. Anak Kreatif Art Studio

12 2 0 0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *